Sabtu, 21 Januari 2017

10 Manfaat Membaca Al Qur’an bagi Wanita Hamil

Al qur’an tidak hanya kitab suci bagi pemeluk agama islam, namun dengan membaca atau mendengarkannya justru mempu mendatangkan manfaat secara psikologis. Bahkan sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan oleh di Kuwait menemukan fakta bahwa seseorang yang tidak memeluk agama islam sekalipun akan mendapatkan dan merasakan efek terapeutik yang menenangkan. Padahal ayat-ayat yang mereka perdengarkan merupakan bahasa arab yang tidak mereka ketahui. Hal ini dapat terjadi karena adanya perubahan secara fisiologis pada sistem saraf ketika mendengar bacaan ayat-ayat al qur’an.

Dengan beragam manfaat diatas, maka membaca al qur’an sangat disarankan, terutama untuk wanita yang sedang mengandung karena manfaat baca al-quran begitu mempengaruhi bagi wanita yang sedang hamil. Membaca al qur’an ketika hamil tidak hanya dilakukan oleh seorang istri semata namun suami yang sering membacakan al quran bagi istrinya sewaktu hamil akan berdampak baik bagi janin. Janin yang berada didalam kandungan ketika berusia 6 bulan sudah dapat mendengar dengar jelas, untuk itu apabila bacaan al qur’an sering diperdengarkan akan membuat kecerdasan otak anak meningkat. Ketika ibu hamil membaca al qur’an maka janin yang dikandungnya juga akan mengalami proses belajar dengan mendengarkannya. Hal ini karena janin sudah bisa mendengarkan dengan jelas dan dapat memberikan respons terhadap apapun yang didengar. Apabila ibu hamil rutin membaca al qur’an maka manfaatnya tidak hanya akan beguna bagi janin namun bagi wanita hamil juga akan merasakan dampak secara psikologis. Dimana ibu hamil akan merasa lebih tenang dan rileks dengan membaca al qur’an.

Selain itu, ibu hamil yang membaca al qur’an akan membantu merangsang perkembangan sel otak janin. Apabila sel otak janin sering mendapat rangsangan maka nantinya dapat menjadi pribadi yang sangat cerdas dan begitu besar keajaiban al-quran di dunia.Untuk lebih mengetahuinya secara mendalam, Berikut manfaat membaca al qur’an bagi ibu hamil :

1. Bayi akan Mempunyai Kecerdasan Emosional yang Lebih Baik


Ibu hamil yang rutin membacakan lantunan ayat-ayat al qur’an ketika mengandung akan membuat kecedasan emosional bayi menjadi lebih baik. Sebaiknya tingkatkan intensitas membaca Al Qur’an ketika mengandung supaya janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

2. Bacaan Al Qur’an Dapat Menenangkan Janin

Selama masa kehamilan, seorang wanita akan mempunyai perasaan yang lebih sensitif dari biasanya. Untuk itu, ibu hamil akan mengalami ketidakstabilan emosi. Apabila hal ini tidak segera ditangani tentunya akan berdampak kurang baik bagi janin itu sendiri. Selain memberikan ketenangan bagi sang ibu, nyatanya membaca al qur’an juga akan membuat janin menjadi lebih tenang. Hal ini karena saraf pendengaran dan saraf emosi akan tumbuh pertama kalinya ketika janin berada didalam rahim.

3. Janin Mendapat Supply Hormon Bahagia

Dengan membaca al qur’an, ibu hamil akan mendapatkan ketenangan. Untuk itu, sebaiknya selama kehamilan ibu hamil juga meningkatkan intensitas membaca al qur’an. Apabila dalam satu hari, anda biasanya membaca al qur’an satu lembar setelah shalat wajib maka selama hamil sangat dianjurkan untuk menambahnya lebih banyak.

Ketenangan yang didapat dengan membaca al qur’an bahkan akan meningkatkan jumlah hormon serotonim didalam tubuh ibu hamil. Hal ini tentunya akan berdampak juga pada kondisi janin, dimana hormon pemicu rasa bahagia juga akan masuk kedalam darah yang mengalir pada kandungan. Hormon bahagia yang dapat tersalurkan pada janin diantaranya endorfin dan oksitosin.

4. Kecerdasan Sosial Janin dapat Terstimulasi

Janin yang berada didalam kandungan akan merasakan dampak yang baik dari segi fisik dan psikologisnya. Selain meningkatnya kecerdasan emosi, kecerdasan sosial juga akan terstimulasi dengan baik. Nantinya anak akan tumbuh dengan pribadi yang mempunyai kecerdasan sosial sehingga cara komunikasi dan kepedulian kepada sesamanya juga tinggi. untuk itu, apabila ibu hamil tidak bisa meningkatkan intensitas selama masa kehamilan sebaiknya kombinasikan juga dengan mendengarkan bacaan lafal-lafal al qur’an.

5. Meningkatkan Kecerdasan Janin

Bacaan al qur’an akan menstimulasi kecerdasan otak janin yang masih bisa berkembang selama masa pertumbuhan didalam kandungan. Pada dasarnya janin yang menginjak usia 6 bulan akan memulai fase pembelajaran pertama didalam kandungan. Untuk itu, dalam masa- masa tersebut, janin akan mendengar dengan jelas setiap suara yang diperdengarkan. Bahkan pada usia tersebut, janin juga akan memberikan respons terhadap apapun yang diperdengarkan. Jika selama ini anda mengetahui bahwa memperdengarkan musik klasik seperti mozart dapat meningkatkan kecerdasan janin, satu hal yang perlu kita ketahui bahwa membaca al qur’an pun juga dapat meningkatkan kecerdasan otak janin lebih baik lagi.

6. Janin Tumbuh Sehat, Cerdas dan Islami

Al quran itu sendiri merupakan kalam ilahi yang bisa dijadikan sebagai media berkomunikasi antara manusia dengan Tuhannya. Ibu hamil bisa memohon pertolongan Alloh supaya masa kehamilan serta proses melahirkan nantinya dapat berjalan dengan mudah. Dengan membaca ayat-ayat suci al qur’an, ibu hamil beserta janin akan mendapatkan kenyamanan dan ketenangan.

Untuk itu, membaca al qur’an dapat dijadikan terapi alami yang tidak membutuhkan biaya mahal. Apabila intensitas membaca al qur’an bisa ditingkatkan maka anak nantinya akan tumbuh menjadi pribadi cerdas yang islami. Selain itu, ketenangan antara ibu dan janin yang masih berada didalam kandungan juga akan membuat tingkat kesehatan keduanya terjaga.

7. Anak Mempunyai Tingkat Moralitas yang Tinggi

Anak yang selama berada didalam masa kehamilan rutin mendengarkan bacaan al qur’an biasanya akan tumbuh lebih mencolok dibandingkan anak-anak seusianya. Selain itu, dari sikap dan tingkah laku juga mencerminkan nilai-nilai islami yang kuat. Salah satu perilaku yang menunjukan tingkat moralitas yang tinggi pada seorang anak yakni ia akan mudah menyadari kesalahan yang umum dilakukan oleh anak-anak sebayanya. Misalkan si anak telah diingatkan akan kesalahan yang dilakukan, biasanya sesegera mungkin akan mempunyai keinginan untuk meminta maaf terlebih dahulu.

8. Mudah Diarahkan pada Perkara Agamis

Anak-anak yang rutin diperdengarkan bacaan ayat-ayat al qur’an selama didalam kandungan akan mempunyai tingkat kenakalan yang tidak berlebihan. Bahkan anak ini cenderung sangat mudah diarahkan untuk melakukan hal -hal yang menyangkut perkara agama. Terutama ketika diajarkan untuk beribadah seperti shalat dan mengaji. Kita pasti pernah menjumpai anak-anak dibawah umur yang justru mengingatkan orang tua atau teman sebayanya untuk melakukan ibadah bukan? Hal tersebut merupakan bukti nyata, bahwa ibu hamil yang rutin membaca al qur’an ketika hamil akan melahirkan anak yang taat pada perintah Tuhannya.

9. Anak Mempunyai Tingkat Kreatifitas yang Tinggi dan Mudah Menghafal

Anak-anak yang terbiasa mendengarkan bacaan al qur’an akan mempunyai daya ingat yang tinggi. Ingatan atau memori yang tajam menjadikan anak ini mudah untuk menghafal, terutama hafalan al qur’an. Selain kecerdasan dalam hal hafalan, anak- anak yang terbiasa diperdengarkan bacaan al qur’an semenjak didalam kandungan juga akan mempunyai tingkat kreatifitas yang tinggi.

10. Tumbuhnya Kecerdasan Berkomunikasi pada Anak

Ayat-ayat suci al qur’an apabila sering dibaca atau diperdengarkan akan membuat anak mempunyai tingkat kecerdasan berkomunikasi yang baik. Jika dari segi sosial anak-anak ini mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi, satu hal yang dapat dilihat pada anak tersebut yakni kemampuan menyampaikan isi pikiran secara orasi. Dari segi artikulasi dan tutur kata yang lugas mampu mencerminkan tingkat kecerdasan berkomunikasi pada anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar