Jumat, 17 Februari 2017

Doa Agar Bayi Lahir Sempurna dan Cerdas

Doa merupakan harapan bagi umat manusia. Do’a dipercaya dapat merubah takdir yang buruk menjadi takdir yang baik. Bahkan muslim percaya bahwa doa adalah pedang bagi orang yang beriman. Terlebih bagi ibu hamil, berdoa merupakan salah satu cara berkomunikasi dengan jabang bayi dan Tuhan YME. Dengan doa, janin dapat menerima energi positif dari ibu.
Memperbanyak amalan, ibadah dan do’a saat mengandung tentu berdampak positif untuk jabang bayi. Seperti diyakini banyak ahli parenting, pendidikan dapat dimulai sejak bayi masih dalam kandungan. Memperbanyak berdoa dihari-hari biasa sangat dianjurkan agar anak dapat tumbuh dengan akhlak yang mulia.
Ada doa-doa yang mudah dikabulkan jika dilangsungkan pada waktu-waktu tertentu. Berikut Waktu-waktur terkabulnya do’a;

  • Ketika adzan tengah berkumandang
  • Waktu antara adzan dan iqomah
  • Ketika bersujud didalam sholat
  • Waktu sebelum mengucap salam pada sholat wajib
  • Pada hari Jumat
  • Ketika hujan tengan turun
  • Pada hari rabu, diantara waktu dhuhur dan ashar
  • Ketika berada dalam perang
  • Ketika hendak meminum air zam-zam

Waktu berdo’a paling mustajab saat bulan ramadhan

Selain waktu diatas, terdapat bulan yang penuh hikmah, penuh pengampunan dan penuh waktu mustajab untuk berdoa, yakni saat bulan ramadhan. Dan dalam bulan ramadhan terdapat waktu yang mustajab untuk berdoa selain waktu-waktu yang telah disebutkan diatas. Bulan yang paling mustajab adalah ketika bulan ramadhan. Dan dalam bulan ramadhan terdapat waktu-waktu tertentu yang paling mudah dikabulkan ketika berdoa. Menurut para ulama, dalam bulan ramadhan terdapat tiga waktu dimana doa seringkai dikabulkan ALLAH SWT. Berikut tiga waktu tersebut;

Saat Sahur/Sepertiga Malam

Berdasarkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ

يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir". Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758).

Saat Berbuka

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

10 Malam Akhir dalam Ramadhan

Sepuluh malam akhir dalam bulan ramadhan memiliki banyak kefadholan. Diantaranya, doa-doa mudah didengar ALLAH SWT dan amalan kita dilipatgandakan.
Maka, ada baiknya dalam tiga waktu tersbut ibu hamil banyak-banyak melafalkan do’a untuk janin dalam kandungan. Selain berharap do’a yang dilafalkan dapat dikabulkan ALLAh SWT, dengan doa tersebut ibu dan bayi juga dapat merasa tenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar