Senin, 13 Februari 2017

Doa Bersumber dari Al-Quran untuk Ibu Hamil

Membacakan ayat-ayat suci Al-Quran sangat penting dilakukan pada jabang bayi yang masih ada dalam kandungan. Allah mengkaruniakan pendengaran sejak usia kandungan masuk pada minggu ke 8 dan mulai sempurna pada minggu ke24. Alangkah indahnya jika saat mereka mulai mendengar untuk kali pertama, mereka mendengar ayat-ayat suci Al-quran.

1. Fungsi Pendengaran Bayi

Janin mulai mendengar suara yang ada disekelilingnya. Air ketuban disekitar bayi menghantarkan suara sehinga bayi mulai mendengar suara aliran darah lewat plasenta, Janin juga mendengar denyut jantung dan suara usus ibu. Pada minggu ke 25 mereka mulai mampu mendengar suara luar dari suara rahim. Suara ibu, ayah, musik atau ayat suci Al-Quran mulai diterima dengan baik. Pada saat inilah saat yang tepat untuk mulai ngobrol dengan jabang bayi.

2. Manfaat Ayat Suci Al-Quran untuk Janin
  • Ayat Al-Quran dapat Menstimulasi janin sejak dini
Stimulasi sejak dini sangat penting dilakukan karena mempengaruhi kecerdasaan anak dimasa mendatang. Usia 1000 hari sejak dalam kandungan merupakan usia dimana jaringan sel-sel otak bayi berkembang sangat pesat. Maka, stimulasi sangat penting untuk mendukung perkembangan pesat ini agar otak bayi dapat berkembang dengan maksimal.
  • Mencerdaskan janin
Banyak pihak percaya bahwa lantunan ayat suci dapat membuat bayi tumbuh lebih cerdas. Sel-sel otak bayi yang berkembang pesat membuat kerja otak lebih optimal, alhasil bayi bisa tumbuh menjadi anak cerdas.
  • Memberi ketenangan
Stimulasi melalui ayat suci Al-Quran merupkan stimulasi yang sempruna. Frekuensi dan gelombang bunyi yang ditimbulkan bacaan Al-Quran punya pengaruh besar untuk bayi. Mereka akan merasakan ketenangan karena lantunan ayat suci yang indah dan menenangkan. Dengan demikian, kreativitas dan kemampuan konsentrasi bayi juga lebih terlatih.
  • Mempengaruhi psikologi
Al-Quran dapat membuat suasana lebih damai, meredakan ketegangan pada saraf otak, menghilangkan kegelisahan, menghalau rasa takut dan menguatkan kepribadian.
  • Meningkatkan kemampuan berbahasa
Bayi yang dikenalkan dengan bahasa sejak dini akan terlatih dan terbiasa mengenal bahasa, sehingga saat ia mulai belajar berbahasa ia tidak akan kesulitan.
Begitu besar manfaat lantunan Al-Quran untuk janin. Tapi, tak hanya manfaat diatas saja yang bisa dipetik. Masih banyak manfaat lain yang mungkin tidak kita sadari. Nah, lantas bacaan apa saja yang baik untuk janin kita? Berikut ayat-ayat Al-Quran yang bisa menjadi bahan bacaan saat anda sedang mengandung:
  • Surat Al-Fatihah
Surat Al-Fatihah dapat berguna untuk memberikan ketenangan hati dan menguatkan daya ingat.
 surat alfatihah
Bagi anda yang ini memperdengarkan murrtotal Al-Fatehah, anda bisa klik link ini.
  • Surat Yusuf
Banyak orang percaya dengan membaca surat Yusuf saat hamil, bayi bisa setampan Nabi Yusuf, as. namun, yang lebih penting anak kita bisa berakhlak mulia seperti Nabi Yusuf. Anda bisa membaca seluruh surat Yusuf selama masa hamil.
Anda juga bisa memperdengarkan ayat suci Al-Qur’an dengan cara mendownload surat Yusuf. Surat Yusuf bacaan Skeih Mishary al afasy bisa di dengarkan disini.
  • Surat Maryam
Surat Maryam dipercaya dapat memperlancar persalinan yang akan dihadapi nanti. Selain itu, surat ini juga dapat melahirkan anak yang sabar dan selalu taat. Dengarkan surat Maryam disini.
  • Surat Yaasin
Surat Yaasin merupakan surat yang sering dilafalkan umat Islam. Surat ini dapat memberikan ketenangan dan menghindarkan diri dari godaan syaitan yang terkutuk. Dengan membaca srat ini, anda dapat melindungi anak anda agar tidak tergoda berbuat maksiat.
Bagi anda yang ingin mendengarkan murrotal surat Yaasin, bisa mengunjungi link berikut ini.
  • Surat Luqman
Surat Lukman merupakan doa agar dikaruniai anak yang memiliki akhlak mulia dan jiwa yang bersih. Dengarkan surat Luqman disini.
  • Surat At-Taubah
Surat ini dapat memelihara jiwa kita uuntuk tetap dijalan yang lurus dan menghindarkan diri dari perbuatan maksiat. Dengarkan surat At-Taubah disini.
  • Surat Hujurat
Nah, ini juga penting. Surat ini dapat memperlancar produksi ASI ibu lho. Selain itu, anak kita dapat tumbuh menjadi anak yang lebih berhati-hati. Dengarkan surat Hujurat disini.

  • Surat An-Nahl ayat 78
Ayat suci Al-Quran dalam surat An-Nahl ayat 78 berisi tentang kelahiran manusia dan tugasnya dibumi sebagai khalifah. Surat ini diturunkan agar manusia selalu bersyukur dengan keadaaan yang telah Allah rahmatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar