Categories
Blog

Apa Penyebab Bibir Sumbing Pada Bayi yang Baru Lahir ?

Bibir terbentuk antara minggu keempat dan ketujuh selama kehamilan. Ketika bayi berkembang selama kehamilan, jaringan tubuh dan sel-sel khusus dari setiap sisi kepala tumbuh menuju pusat wajah dan bergabung bersama untuk membentuk wajah. Penggabungan jaringan ini membentuk fitur wajah, seperti bibir dan mulut. Penyebab bibir sumbing yaitu apabila jaringan yang membentuk bibir tidak bergabung sepenuhnya sebelum kelahiran. Kondisi ini menghasilkan lubang di bibir atas. Bukaan di bibir bisa berupa celah kecil atau bisa berupa celah besar yang menembus bibir ke dalam hidung. Bibir sumbing bisa berada di satu atau kedua sisi bibir atau di tengah bibir, yang jarang terjadi. Anak-anak dengan bibir sumbing juga bisa mengalami langit-langit mulut sumbing.

Atap mulut (langit-langit) terbentuk antara minggu keenam dan kesembilan kehamilan. Langit-langit mulut sumbing terjadi apabila jaringan yang membentuk atap mulut tidak bergabung bersama sepenuhnya selama kehamilan. Bagi beberapa bayi, bagian depan dan belakang langit-langit terbuka. Untuk bayi lain, hanya sebagian langit-langit mulut yang terbuka.

READ  Mengenal Beragam Penyebab Intususepsi

Anak-anak dengan bibir sumbing dengan atau tanpa langit-langit mulut sumbing atau langit-langit mulut sumbing sering memiliki masalah dengan makan dan berbicara dengan jelas dan mempunyai infeksi telinga. Mereka juga mungkin memiliki masalah pendengaran dan masalah dengan gigi mereka.

Penyebab bibir sumbing dan langit-langit mulut sumbing yaitu ketika jaringan di wajah dan mulut bayi tidak melebur dengan baik. Biasanya, jaringan yang membentuk bibir dan langit-langit mulut bersatu pada bulan kedua dan ketiga kehamilan. Tetapi pada bayi dengan bibir sumbing dan langit-langit mulut sumbing, fusi tidak pernah terjadi atau hanya terjadi sebagian, meninggalkan celah (sumbing).

Para peneliti percaya bahwa sebagian besar kasus bibir sumbing dan langit-langit mulut sumbing disebabkan oleh interaksi faktor genetik dan lingkungan. Bagi sebagian besar bayi, penyebab pasti tidak ditemukan. Ibu atau ayah bisa menularkan gen yang menyebabkan sumbing, baik sendirian atau sebagai bagian dari sindrom genetik yang meliputi bibir sumbing atau langit-langit mulut sumbing sebagai salah satu tanda-tandanya. Pada beberapa kasus, bayi mewarisi gen yang membuat mereka lebih mungkin mengembangkan bibir sumbing, kemudian pemicu lingkungan sebenarnya menyebabkan sumbing terjadi.

READ  Fakta Penting dari Kondisi Displasia Pinggul pada Bayi

Penyebab dan Faktor Risiko

Penyebab celah orofacial pada sebagian besar bayi tidak diketahui. Beberapa anak memiliki bibir sumbing atau langit-langit mulut sumbing karena perubahan gen mereka. Bibir sumbing dan langit-langit mulut disebabkan oleh kombinasi gen dan faktor lain, seperti hal-hal yang bersentuhan dengan ibu di lingkungannya, atau apa yang dimakan atau diminum ibu, atau obat-obatan tertentu yang ia gunakan selama kehamilan.

Baru-baru ini, penelitian melaporkan temuan penting dari studi penelitian tentang beberapa faktor yang meningkatkan kemungkinan memiliki bayi dengan sumbing orofasial, yaitu :

  1. Merokok

Wanita yang merokok selama kehamilan lebih cenderung memiliki bayi dengan sumbing orofasial dibandingkan wanita yang tidak merokok.

  1. Diabetes
READ  Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Enak Plus Bergizi

Wanita dengan diabetes yang didiagnosis sebelum kehamilan memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki anak dengan bibir sumbing dengan atau tanpa langit-langit mulut sumbing, dibandingkan dengan wanita yang tidak menderita diabetes.

  1. Penggunaan obat-obatan tertentu

Wanita yang menggunakan obat-obatan tertentu untuk mengobati epilepsi, seperti topiramate atau asam valproat, selama trimester pertama (3 bulan pertama) kehamilan memiliki risiko lebih tinggi untuk melahirkan bayi dengan bibir sumbing dengan atau tanpa langit-langit mulut sumbing, dibandingkan dengan wanita yang tidak minum obat-obatan ini.

Penelitian terus dikembangkan untuk mempelajari cacat lahir, seperti penyebab bibir sumbing dan langit-langit mulut sumbing, dan bagaimana mencegahnya. Jika Anda sedang hamil atau berpikir untuk hamil, bicarakan dengan dokter Anda tentang cara-cara untuk meningkatkan peluang Anda untuk memiliki bayi yang sehat.

 

Sumber :

www.mayoclinic.org

www.cdc.gov

www.clapa.com