Categories
Blog

Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Enak Plus Bergizi

Kebanyakan ibu hamil mengaku bahwa saat hamil nafsu makannya meningkat. Karenanya, perlu mengonsumsi cemilan sehat untuk ibu hamil agar kebutuhan nutrisi ibu dan bayi terpenuhi. Cemilan sehat ini juga mendukung tumbuh kembang bayi di dalam kandungan. Selain bergizi, aneka cemilan sehat ini juga enak dan menyegarkan.

  1. Buah Segar

Mengonsumsi buah segar sangat dianjurkan mengingat sangat dibutuhkannya kandungan vitamin, mineral, dan air dalam tubuh. Konsumsi buah segar secara rutin sebagai cemilan sehat untuk ibu hamil sangat membantu memenuhi kebutuhan gizi tersebut, baik untuk ibu, maupun untuk bayi. Apel adalah buah segar yang kaya akan antioksidan dan juga vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan bermanfaat menangkal radikal bebas. Buah segar lainnya adalah mangga, pepaya, pisang, semangka, melon, dan anggur. Hindari buah yang terlalu asam.

  1. Ubi

Kandungan nutrisi yang dimiliki ubi di antaranya adalah vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, mineral copper (tembaga), serta beta karoten yang kemudian diubah jadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A tersebut sangat penting untuk pembentukan mata, tulang, dan kulit untuk janin di dalam kandungan. Ubi bisa dimasak sebagaimana kentang tumbuk, dipanggang, ataupun digoreng.

  1. Olahan Telur
READ  Hiperemisis Gravidarum Adalah Morning Sickness yang Ekstrem

Olahan telur yang menarik juga menjadi cemilan sehat yang pas untuk ibu hamil. Anda bisa menggoreng telur yang kaya akan protein dan memotongnya menjadi potongan kecil panjang agar lebih menarik sebagai cemilan sehat. Telur orak arik juga sangat pas dijadikan cemilan dengan tambahan sayuran sehat.

  1. Kacang Almond

Kacang yang satu ini sangat kaya nutrisi, di antaranya adalah serat, protein, vitamin E, dan mineral yaitu potasium dan magnesium, serta ada juga lemak sehat. Nutrisi lain yang bisa didapatkan dari kacang almond adalah zat besi dan kalsium yang keduanya sangat penting dalam masa kehamilan.

  1. Oatmeal

Tingginya kandungan karbohidrat kompleks dan serat pada oatmeal membuatnya termasuk ke dalam salah satu jenis cemilan sehat dan super untuk ibu hamil. Tidak hanya itu saja, oatmeal juga mengandung magnesium serta mineral zinc yang cukup tinggi. Kandungan magnesium pada oatmeal sangat bermanfaat untuk kestabilan kekebalan tubuh, otot, dan saraf. Sementara itu, zinc dalam oatmeal sangat bermanfaat mendukung pertumbuhan sel dan pembentukan DNA janin.

  1. Cokelat
READ  Amankah Olahraga untuk Ibu Hamil?

Mengonsumsi cokelat saat hamil sangat bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah ibu hamil, sehingga dipercaya membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan preeklamsia. Meski membawa manfaat, bumil tidak dianjurkan terlalu banyak dalam mengonsumsi cokelat. Dianjurkan pula untuk memilih cokelat hitam atau dark chocolate, dibandingkan dengan cokelat susu yang mengandung banyak gula.

  1. Yoghurt

Yoghurt juga menjadi salah satu cemilan sehat untuk ibu hamil. Kandungan bakteri baiknya dapat membantu mengatasi mual berlebihan alias morning sickness. Probiotik dalam yoghurt juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh jadi lebih kuat. Kandungan kalsiumnya yang tinggi juga sangat bermanfaat membantu memperkuat tulang. Yodium yang terkandung dalam yoghurt juga mendukung proses tumbuh kembang janin.

  1. Smoothies

Sebagai langkah aman yang lebih baik, Anda bisa membuat smoothies sendiri di rumah agar komponennya benar-benar aman dan tidak terlalu manis. Tips agar smoothies lebih pekat, gunakan potongan buah segar yang dibekukan terlebih dulu sebelum memblendernya dengan yoghurt. Sebagai pemanis, Anda bisa menambahkan sedikit madu. Smoothies sehat dan lezat telah siap dinikmati.

READ  Mengenal Penyakit Dan Ragam Informasi Intususepsi

Berbagai jenis cemilan sehat untuk ibu hamil di atas sangat direkomendasikan karena dapat memenuhi kebutuhan nutrisi demi mengoptimalkan kondisi ibu dan janin. Cemilannya juga aman dikonsumsi, asalkan tidak mengandung banyak gula dan dikonsumsi dengan cara yang bersih dan higienis. Untuk itu, rutinlah mengonsumsi aneka makanan dan minuman lezat di atas sebagai cemilan menyenangkan saat hamil.

 

Sumber artikel:

www.popmama.com

id.theasianparent.com

www.alodokter.com

parenting.orami.co.id

 

Sumber gambar:

www.grid.id

www.selipan.com

feelgoodfoodie.net