Categories
Blog

Ketahui bersama beberapa makanan sehat untuk ibu hamil

 

Makanan sehat ibu hamil trimester pertama yang baik dikonsumsi adalah segala jenis makanan yang mengandung nutrisi penting, seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. Tidak hanya untuk kesehatan ibu hamil, nutrisi pada makanan ini juga berperan penting dalam pertumbuhan janin. Tiga bulan pertama kehamilan merupakan fase terpenting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Karena pada periode tersebut, tengah berlangsung pembentukan organ-organ janin. pola hidup sehat sangat penting perkembangan bumil, termasuk mengonsumsi makanan bergizi. Jika hal itu tidak seimbang, maka sel-sel janin yang akan berkembang menjadi organ tubuh bisa saja mengalami kerusakan atau tidak terbentuk dengan baik. Hal tersebut akan beresiko pada sang bayi dengan kemungkinan besar mengalami cacat bawaan lahir, bahkan bisa jadi keguguran. Jadi tidak heran jika sang dokter menyarankan beberapa makanan sehat ibu hamil untuk dikonsumsi. Beberapa makanan yang dianjurkan pada ibu hamil dimasa trimester pertama, diantaranya sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, susu dan produk olahan susu, makanan sumber karbohidrat, ikan telur dan daging pun juga termasuk makanan.[1]

Seperti yang dijeaskan sebelumnya bahwa ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi lengkap. Buah-buahan segar yang memang sudah direkomendasikan untuk jadi cemilan ibu hamil, dan ini sangat baik jika kita coba bandingkan dengan camilan yang berupa kemasan. Selain itu juga sangat mendukung dalam perkembangan sang janin. Alasan mengapa buah-buahan menjadi salah satu makanan sehat ibu hamil, karena buah tersebut mengandung serat untuk melancarkan sistem pencernaan. Asupan serat yang memadai sehingga mampu mengurangi risiko sembelit pada ibu hamil. Berikut jenis buah yang sangat direkomendasikan bagi sang ibu hamil:

  1. Buah-buahan berry adalah buah yang baik untuk ibu hamil. Karena mengandung banyak kalium, folat, dan vitamin C. Kalium pada buah berry dapat menjaga tekanan darah diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot.
  2. Vitamin C dan vitamin A merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh merupakan sumber terbaik yang berasal dari jambu biji tersebut. Radikal bebas harus dicegah karena dapat menyebabkan perkembangan janin terlambat. Selain itu juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada sang ibu hamil.
  3. Menurut penelitian dari jurnal Nutrition Today, kandungan kalium dalam pir juga dapat membantu regenerasi sel dalam tubuh ibu dan calon bayi. Selain itu, buah ini juga bagus karena mengandung sumber serat yang baik yang melawan sembelit.
  4. Pisang Buah kuning manis yang mudah dicerna sehingga bisa menjadi alternatif makanan jika sedang mual dan muntah, ternyata menyediakan cukup serat dan kalori sebagai energi yang dapat mencegah kelelahan. Selain baik untuk dikonsumsi, didalamnya ternyata mengandung kalium sehingga mampu membantu menjaga tekanan darah ibu untuk tetap normal. Kandungan zat besi yang terdapat pada buah ini juga membuat bagus untuk sang ibu hamil.
  5. Jeruk adalah termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil karena mengandung tinggi folat. Folat tersebut dapat membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin, serta mencegah janin lahir cacat.
  6. Alpukat kaya akan vitamin B, vitamin C, asam folat, serta kalium, ternyata termasuk buah yang menjadi makanan sehat ibu hamil. Berkat kandungan gizinya, alpukat dapat membantu mengurangi morning sickness, serta membantu perkembangan otak, sistem saraf, dan jaringan bayi. Namun perlu diingat, bahwa buah alpukat ternyata mengandung lemak tinggi. Dan hal ini patut diwaspadai khususnya bagi ibu hamil agar tidak mengkonsumsinya terlalu banyak. Alangkah baiknya makan alpukat tidak lebih dari 1 buah per hari.
  7. Mangga mengandung tinggi kalium, vitamin C, dan vitamin A. Kalium dalam mangga membantu menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh, sementara vitamin C bantu menangkal serangan radikal bebas dan meningkatkan stamina tubuh.
  8. Semangka termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil karena kaya akan air. Makan semangka dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh, menghilangkan haus, sementara juga mencukupi asupan vitamin A, C, B6, magnesium, dan kalium.
  9. Buah ini mengandung vitamin C yang bisa mencegah sembelit yang sering terjadi pada kebanyakan ibu hamil. Selain itu, lemon adalah buah yang mengandung kalium, kalsium, dan magnesium yang bisa meningkatkan pertumbuhan tulang janin.
  10. Nutrisi yang terdapat dalam melon jingga antara lain adalah beta karoten vitamin A yang baik untuk penglihatan dan rambut janin. Kandungan vitamin C dalam melon oranye juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan janin di dalam kandungan.[2]
READ  Apa Penyebab Bibir Sumbing Pada Bayi yang Baru Lahir ?

 

[1] Sumber referensi Alodokter.com

[2] Sumber referensi Hellosehat.com