Categories
Blog

Mengenal Cara Mengatasi Dan Informasi Seputar Intususepsi

Intususepsi adalah keadaan darurat medis yang terjadi pada anak-anak ketika bagian dari ‘teleskop’ usus (lipatan) ke bagian lain dari usus. Ini menyebabkan rasa sakit, muntah, dan halangan, mencegah jalan. Jika tidak diobati, usus dapat mengalami perforasi, mengakibatkan masuknya isinya ke dalam rongga perut, menyebabkan komplikasi lebih lanjut. Dalam kasus yang jarang terjadi, peristiwa ini dapat menyebabkan kematian. Diagnosis dan manajemen yang cepat mengurangi risiko terkait dan kebutuhan untuk pembedahan.

Setelah intususepsi didiagnosis, kebanyakan dokter menyetujui penggunaan enema sebagai pengobatan awal. Prosedur ini melibatkan memasukkan zat (udara atau cairan) ke dalam usus, melalui rektum, dengan tekanan khusus yang mengurangi usus ‘teleskoped’ ke posisi normal.

Debat masih berlanjut pada spesifik mengenai jenis zat apa yang harus digunakan untuk enema, bagaimana zat divisualisasikan selama proses, apakah obat tambahan harus diberikan untuk meningkatkan pengobatan, dan bagaimana seseorang harus berurusan dengan kegagalan pengobatan, serta pendekatan terbaik untuk manajemen bedah intususepsi pada anak-anak.

READ  Berikut Adalah Cara Mencegah Bayi Mengalami Atresia Ani

Bagaimana perawatan intususepsi?

Setelah intususepsi didiagnosis, langkah selanjutnya adalah mencoba cara mengatasi dengan reduksi (untuk mendorong usus kembali) menggunakan enema kontras cair atau enema kontras udara (tes yang sama yang digunakan untuk diagnosis). Ini adalah prosedur radiologis, bukan prosedur bedah, dan pasien tidak perlu anestesi.

Prosedur kontras enema cair dan kontras udara memiliki tingkat keberhasilan 60 hingga 70 persen, dengan tingkat kekambuhan intususepsi (pengembalian) 6 hingga 10 persen. Mereka juga memiliki risiko komplikasi yang rendah. Jika reduksi radiologis tidak berhasil, maka pasien perlu operasi. Pembedahan juga dapat dilakukan jika ada banyak infeksi, atau jika pasien terlalu sakit untuk prosedur radiologis.

Selama operasi

  • Anak itu sepenuhnya dibius oleh ahli anestesi pediatrik (spesialis dalam penghilang rasa sakit dan sedasi pada anak-anak).
  • Jika laparoskopi akan dilakukan, instrumen kecil dan kamera akan dimasukkan melalui sayatan kecil (luka) ke dalam rongga perut.
  • Atau, sayatan kecil dibuat di sisi kanan perut, dan usus didorong kembali ke posisi normal.
  • Jika intususepsi tidak dapat dikurangi, maka ahli bedah akan menghapus segmen usus yang terlibat.
READ  Fakta Penting dari Kondisi Displasia Pinggul pada Bayi

Setelah operasi

Anak Anda diberi obat penghilang rasa sakit untuk membuatnya nyaman setelah operasi. Anak akan memerlukan cairan intravena (dalam vena) selama beberapa hari, karena ususnya untuk sementara diperlambat. Pemberian makan tidak diberikan selama periode ini. Sebagian besar anak-anak dapat makan lagi dalam satu hingga tiga hari.

Bagaimana intususepsi dirawat dan apakah ada alternatif?

Intususepsi dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke bagian usus yang terkena, yang menghentikannya berfungsi dengan baik, dan memar serta merusak jaringan usus. Efek dari intususepsi, seperti dehidrasi karena muntah, dapat menjadi sangat serius pada anak-anak, sehingga kondisi ini membutuhkan perawatan darurat.

Jika seorang anak mengalami dehidrasi, mereka akan membutuhkan cairan untuk beberapa saat sebelum perawatan dimulai. Seorang anak juga mungkin membutuhkan tabung nasogastrik, yang dilewatkan ke atas hidung, turun ke foodpipe dan ke dalam perut. Ini akan mengeringkan isi perut dan usus, dan melampiaskan udara yang telah menumpuk, yang akan membuat anak lebih nyaman. Anak tersebut juga akan diberikan antibiotik sebelum perawatan dimulai untuk mengurangi kemungkinan infeksi.

READ  Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Enak Plus Bergizi

Enema udara biasanya merupakan perawatan pertama. Di departemen sinar-X, tabung dilewatkan ke dasar anak dan udara dilepaskan ke usus. Ini bekerja dengan mendorong usus kembali, sehingga intususepsi mengoreksi dirinya sendiri. Ini dipantau menggunakan sinar-X. Jika enema bekerja dengan baik, mereka akan dapat kembali ke rumah begitu mereka sehat dan memberi makan secara normal. Jika seorang anak tidak cukup baik untuk memiliki enema udara, atau jika enema tidak mengurangi intususepsi, mereka akan memerlukan operasi di bawah anestesi umum.

Sumber :

my.clevelandclinic.org

www.cochrane.org

www.gosh.nhs.uk

sumber gambar :

hellosehat.com