Categories
Blog

Mengenal Penyakit Dan Ragam Informasi Intususepsi

Apa itu intususepsi pada anak-anak?

Intususepsi adalah masalah serius di usus. Ini terjadi ketika satu bagian dari usus meluncur di dalam bagian lain. Usus kemudian melipat ke dalam dirinya sendiri seperti teleskop. Ini menciptakan penyumbatan atau halangan. Ini menghentikan makanan yang dicerna dari melewati usus. Kondisi ini merupakan penyebab tersumbatnya usus pada anak-anak antara usia 3 bulan dan 3 tahun. Ini jarang terjadi pada bayi baru lahir. Tetapi bisa juga terjadi pada anak yang lebih besar, remaja, dan orang dewasa.

Intususepsi adalah keadaan darurat medis. Ini adalah darurat perut yang paling umum pada anak usia dini. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan infeksi atau bahkan kematian. Para ahli tidak tahu apa yang menyebabkan intususepsi. Ini mungkin terjadi lebih sering pada anak-anak yang memiliki riwayat gangguan keluarga.

Dalam beberapa kasus, para ahli menemukan tautan dengan kondisi lain. Ini termasuk infeksi virus, tumor atau massa perut atau usus, radang usus buntu, parasit, penyakit seliaka, cystic fibrosis, dan penyakit Crohn.

Apa saja gejala intususepsi pada anak?

Intususepsi adalah keadaan darurat medis. Jika Anda berpikir anak Anda mungkin memiliki kelainan ini, segera temui penyedia layanan kesehatan anak Anda. Gejala setiap anak dapat bervariasi. Gejala yang paling umum adalah tangisan yang tiba-tiba dan keras. Ini disebabkan oleh sakit perut yang tiba-tiba dan parah pada anak yang sehat.

READ  Amankah Olahraga untuk Ibu Hamil?

Nyeri perut ini sering terjadi. Pada awalnya mungkin tampak kolik. Bayi atau anak-anak dapat mengejan, mengangkat lutut, bertindak sangat mudah marah, dan menangis dengan keras. Anak Anda mungkin merasa lebih baik dan bermain-main di antara rasa sakit. Atau anak Anda mungkin menjadi lelah dan lemah karena menangis. Gejala lain termasuk:

  • Muntah
  • Bangku berdarah
  • Bangku merah, seperti jeli
  • Demam
  • Kelelahan ekstrim atau kelesuan
  • Muntah empedu
  • Diare
  • Berkeringat
  • Dehidrasi
  • Perut bengkak

Gejala intususepsi mungkin tampak seperti masalah kesehatan lainnya. Lihat penyedia layanan kesehatan anak Anda untuk diagnosis.

Bagaimana intususepsi didiagnosis pada anak?

Penyedia layanan kesehatan anak Anda akan mengambil riwayat kesehatan dan memberikan anak Anda pemeriksaan fisik. Studi pencitraan juga dilakukan untuk memeriksa organ perut (perut). Tes-tes ini mungkin termasuk:

Rontgen perut. Tes diagnostik yang mungkin menunjukkan penyumbatan usus.

Ultrasonografi. Teknik pencitraan diagnostik yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi dan komputer untuk membuat gambar pembuluh darah, jaringan, dan organ. Ultrasonografi digunakan untuk melihat organ saat mereka bekerja dan untuk memeriksa aliran darah melalui berbagai pembuluh.

READ  Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Enak Plus Bergizi

Seri GI atas atau barium walet. Tes ini melihat organ-organ bagian atas sistem pencernaan. Ia memeriksa pipa makanan (kerongkongan), lambung, dan bagian pertama dari usus kecil (duodenum). Anak Anda akan menelan cairan logam yang disebut barium. Barium melapisi organ-organ sehingga mereka dapat dilihat pada X-ray. Kemudian sinar-X diambil untuk memeriksa organ pencernaan.

Barium enema atau seri GI yang lebih rendah. Ini adalah pemeriksaan rontgen rektum, usus besar, dan bagian bawah usus kecil. Anak Anda akan diberikan cairan logam yang disebut barium. Barium melapisi organ-organ sehingga mereka dapat dilihat pada X-ray. Barium dimasukkan ke dalam tabung dan dimasukkan ke dalam rektum anak Anda sebagai enema. X-ray perut akan menunjukkan jika ada area yang menyempit yang disebut striktur, penyumbatan, atau masalah lainnya. Dalam beberapa kasus, intususepsi memperbaiki dirinya sendiri selama tes ini. Usus dapat kembali ke tempatnya sendiri. Ini bisa terjadi karena tekanan yang dimasukkan ke usus ketika barium dimasukkan.

Bagaimana perawatan intususepsi pada anak?

Pengobatan akan tergantung pada gejala, usia, dan kesehatan umum anak Anda. Ini juga akan tergantung pada seberapa parah kondisinya. Terkadang intususepsi akan memperbaiki dirinya sendiri sementara seorang anak memiliki barium enema. Dalam banyak kasus, penyedia layanan kesehatan dapat memperbaiki masalah dengan memberikan enema udara atau enema salin. Ini dilakukan dengan menempatkan tabung kecil di dubur anak Anda.

READ  Bibir Sumbing, Cacat Pada Bayi yang Baru Lahir

Penyedia layanan kesehatan menggunakan USG atau sinar-X (fluoroskop) untuk membantu menempatkan tabung. Udara dimasukkan ke dalam tabung. Udara dapat membantu memindahkan usus kembali ke posisi normalnya. Tetapi jika anak Anda sangat sakit dengan infeksi perut atau masalah lain, penyedia dapat memilih untuk tidak melakukan ini.

Anak akan membutuhkan pembedahan jika intususepsi tidak diperbaiki dengan barium enema. Hal ini juga akan membutuhkan pembedahan, mereka terlalu sakit untuk memiliki barium enema, saline enema, atau enema udara. Untuk operasi, anak akan diberikan anestesi. Dokter bedah akan membuat sayatan atau sayatan di perut. Dokter bedah akan menemukan intususepsi, dan mendorong bagian-bagian usus kembali ke tempatnya. Usus akan diperiksa kerusakannya. Jika ada bagian yang tidak berfungsi dengan baik, mereka akan dihapus. Jika usus anak Anda rusak dan bagian yang diangkat kecil, dua bagian usus yang sehat akan dijahit kembali.

Sumber

https://www.stanfordchildrens.org

sumber gambar

Tips Kesehatan dan Informasi Seputar Penyakit Terlengkap